Header Ads

test

Kunjungan Jemaat ke Gereja Bolon HKBP Pangururan


Pada hari Minggu, 10 Maret 2019 lalu, Sekolah Tinggi Guru Huria mengadakan penjemaatan sekaligus evangelisasi koor di Gereja Bolon HKBP Pangururan, Distrik VII Samosir. Jumlah mahasiswa yang ikut serta dalam kegiatan penjemaatan tersebut adalah 85 orang yang merupakan gabungan dari beberapa stambuk. Sebagian dari rombongan tersebut adalah pengontrak mata kuliah Kebudayaan Batak yang diampu oleh Pdt. Tongam Sihombing, M.Th. Mereka melakukan penelitian tentang budaya Batak di sekitaran Pangururan khususnya di daerah Pusuk Buhit. Setelah melakukan penelitian pada hari Sabtu sebelumnya, mereka pun kemudian bersama dengan rombongan lain yang tiba pada hari minggu, mengikuti ibadah sekaligus melakukan evangelisasi koor di HKBP Pangururan.

Acara ibadah dipimpin oleh Pdt. Tongam Sihombing selaku pengkhotbah, dan salah satu sintua HKBP Pangururan menjadi liturgis. Dalam ibadah tersebut, mahasiswa STGH menyanyikan dua nyanyian koor di mana satu koor dinyanyikan secara bersama-sama dengan jemaat yang hadir. Pada saat menyanyikan koor bersama-sama, jemaat terlihat antusias dan bernyanyi dengan semangat. Memang jarang hal ini terjadi sebelumnya, baik di gereja HKBP maupun gereja lain. 

Setelah ibadah selesai, mahasiswa STGH pun kemudian mengumandangkan koor kembali di depan altar. Jemaat pada saat itu dengan spontanitas memberi sumbangan materil kepada mahasiswa. Menurut mereka, sumbangan tersebut adalah sebagai pengganti ongkos bus yang kami tumpangi dalam penjemaatan tersebut. Bantuan tersebut dirasa memang membantu, terlebih lagi dalam proses pembangunan gedung J. Warneck yang tengah berlangsung hingga saat ini. 

Singkatnya, dalam penjemaatan ke Pangururan pada Minggu lalu, mahasiswa diharapkan menjadi terlatih untuk lebih mengenal keberagaman jemaat HKBP yang nantinya akan mereka layani. Melalui penjemaatan ini, mahasiswa akan terlibat langsung dengan interaksi langsung kepada jemaat, yang diharapkan dapat mengembangkan wawasan mahasiswa dan mempersiapkan mahasiswa dalam pelayanannya nantinya.